Minggu, 17 Februari 2013


Gadrabha Sutta - The Donkey – AN 3.83 *

"Para bhikkhu, seperti halnya seekor keledai yang mengikuti tepat dibelakang sekelompok sapi (berpikir/berkata)," Saya juga sapi! Saya juga sapi!" Penampilannya tidak sama seperti penampilan seekor sapi, suaranya tidak sama seperti suara seekor sapi, jejaknya tidak sama seperti jejak seekor sapi. Walaupun demikian, dia tetap mengikuti tepat dibelakang sekelompok sapi, (berpikir/berkata), ‘Saya juga sapi! Saya juga sapi!’“

“Begitu juga, seorang bhikkhu mengikuti tepat di belakang sekelompok Sangha para bhikkhu, (berpikir/berkata), ‘Saya juga seorang bhikkhu! Saya juga seorang bhikkhu!Dia tidak memiliki keinginan seperti keinginan para bhikkhu lainnya dalam melakukan latihan moralitas yang lebih tinggi. Dia tidak memiliki keinginan seperti keinginan para bhikkhu lainnya dalam melakukan latihan pemusatan pikiran (konsentrasi) yang lebih tinggi. Dia tidak memiliki keinginan seperti keinginan para bhikkhu lainnya dalam melakukan latihan kebijaksanaan yang lebih tinggi. Walaupun demikian, dia tetap mengikuti tepat dibelakang sekelompok Sangha para bhikkhu, (berpikir/berkata), ‘Saya juga seorang bhikkhu! Saya juga seorang bhikkhu!‘”

"Jadi, para bhikkhu, kalian harus melatih diri kalian: 'Kami akan mempunyai keinginan yang kuat dalam melakukan latihan moralitas yang lebih tinggi; kami akan mempunyai keinginan yang kuat dalam melakukan latihan pemusatan pikiran (konsentrasi)yang lebih tinggi; 'Kami akan mempunyai keinginan yang kuat dalam melakukan latihan kebijaksanaan yang lebih tinggi. Begitulah caranya bagaimana kalian harus melatih diri kalian."

Pelajaran yang dapat dipetik:
Janganlah hanya ikut-ikutan, tetapi harus berjuang sungguh-sungguh. Hanya dengan demikianlah, seseorang layak sepeti yang dikatakannya.
Di sini maksudnya, tentu saja bukan hanya berlaku kepada bhikkhu, tetapi juga berlaku kepada semua  umat.
Bila seseorang mengatakan saya juga Buddhist, pastikanlah apakah anda benar-benar Buddhist atau hanya berpikir/berkata Buddhist (maksudnya: Buddhist KTP).

* DPR & Metta.lk: AN 3.83, Accesstoinsight: AN 3.81, Bhikkhu Bodhi: AN 3.82

Tidak ada komentar:

Posting Komentar